Rabu, 05 Maret 2014

TEMA PEMBELAJARAN TEMATIK PADA K 13

Tema Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013
Kurikulum baru untuk tingkat SD/MI yang mulai diterapkan Juli 2013 mendatang menggunakan metode pembelajaran tematik integratif. Dalam metode tematik integratif, materi ajar disampaikan dalam bentuk tema-tema yang mengintegrasikan seluruh mata pelajaran. Kompetensi dari berbagai mata pelajaran diintegrasikan ke dalam berbagai tema.

Pada Kurikulum Baru untuk SD/MI masing-masing kelas akan disediakan banyak tema. Umumnya tiap tingkatan kelas mempunyai delapan tema berbeda. Tema yang sudah dipilih itu harus selesai diajarkan dalam jangka waktu satu tahun. Guru diberi kewenangan untuk memilih teknis pengajaran maupun durasi pembelajaran satu tema.

Metode tematik ini mengintegrasikan sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran. Selain itu, juga sebuah tema juga mengintegrasikan berbagai konsep dasar yang berkaitan. Siswa tidak belajar konsep dasar secara parsial, sehingga memberikan makna yang utuh kepada siswa seperti tercermin pada berbagai tema.

Tema-tema pada pembelajaran tematik integratif Kurikulum 2013 berkaitan dengan alam dan kehidupan manusia. Keduanya memberi makna yang substansial terhadap mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni-Budaya dan Prakarya, serta Penjaskes pada kelas I-III. Kompetensi dasar dari IPA dan IPS sebagai pengikat dan pengembang kompetensi dasar mata pelajaran lainnya. Siswa belum mampu berpikir abstrak untuk memahami konten mata pelajaran yang terpisah kecuali kelas IV-VI sudah mulai mampu berpikir abstrak

Inilah daftar tema dan alokasi waktu pada metode pembelajaran tematik integratif di SD Kurikulum 2013

KELAS I
TEMAWAKTU
1. Diri Sendiri4 Minggu
2. Kegemaranku4 Minggu
3. Kegiatanku4 Minggu
4. Keluargaku4 Minggu
5. Pengalamanku4 Minggu
6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri4 Minggu
7. Benda, Binatang, dan Tanaman di sekitarku4 Minggu
8. Peristiwa Alam4 Minggu




KELAS II
TEMAWAKTU
1.   Hidup Rukun4 Minggu
2.   Bermain di Lingkunganku4 Minggu
3.   Tugasku Sehari-hari4 Minggu
4.   Aku dan Sekolahku4 Minggu
5.   Hidup Bersih dan Sehat 4 Minggu
6.   Air, Bumi, dan Matahari4 Minggu
7.   Merawat Hewan dan Tumbuhan4 Minggu
8.   Keselamatan di Rumah dan Perjalanan4 Minggu


KELAS III
TEMAWAKTU
1.   Sayangi Hewan dan Tumbuhan di Sekitar3 Minggu
2.   Pengalaman yang Mengesankan3 Minggu
3.   Mengenal Cuaca dan Musim3 Minggu
4.   Ringan Sama Dijinjing Berat Sama Dipikul3 Minggu
5.   Mari Kita Bermain dan Berolahraga3 Minggu
6.   Indahnya Persahabatan3 Minggu
7.   Mari Kita Hemat Energi untuk Masa Depan3 Minggu
8.   Berperilaku Baik dalam Kehidupan Sehari-hari3 Minggu
9.   Menjaga Kelestarian Lingkungan3 Minggu


KELAS IV
TEMAWAKTU
1.   Indahnya Kebersamaan3 Minggu
2.   Selalu Berhemat Energi3 Minggu
3.   Peduli terhadap Makhluk Hidup3 Minggu
4.   Berbagai Pekerjaan3 Minggu
5.   Menghargai Jasa Pahlawan3 Minggu
6.   Indahnya Negeriku3 Minggu
7.   Cita-citaku3 Minggu
8.   Daerah Tempat Tinggalku3 Minggu
9.   Makanan Sehat dan Bergizi3 Minggu


KELAS V
TEMAWAKTU
1.     Bermain dengan Benda-benda di sekitar7 Minggu
2.     Peristiwa dalam Kehidupan7 Minggu
3.     Hidup Rukun  6 Minggu
4.     Sehat itu Penting7 Minggu
5.     Bangga Sebagai Bangsa Indonesia6 Minggu


KELAS VI
TEMAWAKTU
1.   Selamatkan makhluk hidup6 Minggu
2.   Persatuan dalam perbedaan5 Minggu
3.   Tokoh dan Penemu 6 Minggu
4.   Globalisasi6 Minggu
5.   Wirausaha7 Minggu
6.   Kesehatan masyarakat8 Minggu

Daftar tema dan alokasi waktu di atas didapat dari dokumen draf Kurikulum 2013. Pandangan psikologi perkembangan dan Gestalt yang mendasari untuk mengintegrasikan kompetensi dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Pengotakan konten kurikulum secara terpisah ketat tidak memberikan keuntungan bagi kemampuan berpikir siswa. 

Tidak ada komentar: