Minggu, 13 Januari 2013

Diklat peningkatan mutu pendidikan guru Aqidah Akhlak dan Fiqih di MI Gumelar -Gandusari

Diklat Peningkatan mutu guru Aqidah Akhlak dan Fiqih di MI Gumelar Gandusari dengan pembicara Guru muda berprestasi bapak mas Muhib Anshori, dengan peserta guru MI se gandusari -Trenggalek, Dalam diklat ini yang dibahas adalah tentang penyusunan dan merefisi RPP menjadi lebih berkarakter dan lebih sempurna sehingga proses  pembelajaran lebih terarah dan lebih efektif, efesian dan lebih mengena.

Dengan Diklat ini diharapkan guru bisa membuat RPP sendiri yang lebih baik dari RPP yang pernah dibuat sebelumnya., disini guru juga diarahkan dalam penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan matreri dan karakter anak didik.

Dalam diklat ini juga disampaikan bagaimana cara mengambil solusi dalam menghadapi materi matapelajaran agama yang memiliki jumlah jam sedikit dan materi yang cukup banyak dan klomplek.Inti dari penyederhanaan materi ini pada dasarnya dapat dilaksanakan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis IT. namun secara umum kendala yang mungkin muncul dengan penggunaan media ini adalah keterbatasan kompetensi guru terhadap TIK, dalam hal ini masih sedikit guru SD/MI di gandusari ini yang secara umum mampu mengoperasikan media ini.selain itu kendala dana yang terbatas menghaadang penggunaan media berbasis TIK ini.

Sabtu, 12 Januari 2013

Pendataan Calon Peserta Sertifikasi Guru Kemenag 2013

Calon Peserta Sertifikasi Guru Kemenag 2013 bahwa pendataan calon Peserta Sertifikasi untuk kuota tahun 2013 telah dimulai. Kelengkapan pendataan Calon Peserta sertifikasi guru silahkan dibaca pada beberapa link berikut :
  1. Surat Pendataan peserta, disini
  2. Pedoman Pengisian Formulir A1, disini
  3. Contoh Pengisian Formulir A1, disini
  4. Blangko Formulir A1, disini

Sekolah RSBI Dihapus

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), adalah sebuah status sekolah yang bisa jadi merupakan dambaan dari guru, siswa, dan orang tua. Namun MK (Mahkamah Konstitusi) telah menghapus sekolah RSBI.Polemik Pembuburan status RSBI ini memang telah berlangsung lama, keberadaan RSBI telah menjadi pro dan kontra, menurut Menteri M Nuh sekolah yang berstatus RSBI telah memenuhi standar nasional pendidikan, mencakup standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan. Nilai tambah yang dimiliki RSBI adalah adanya pengayaan standar pendidikan yang diadopsi dari standar pendidikan negara maju. Payung hukum yang menaungi adalah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) pasal 50 ayat 3, diikuti dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 78 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional.( http://www.kemdiknas.go.id) Hakekat Pendidikan memang tidak boleh membedak-bedakan dan SBI, RSBI, SSN, RSSN sebenarnya bukan hanya sebuah status tapi mutu dan kwalitas adalah utama.

Verifikasi Data PTK

Informasi untuk semua Pendidik dan Tenaga Kependidikan, setelah adanya pendataan PTK melalui Aplikasi Dapodik yang dilakukan oleh operator sekolah, anda perlu melakukan verifikasi Data PTK untuk menjamin data yang diisikan oleh operator sekolah tersebut telah benar.
Verifikasi data dapat dilakukan di url http://116.66.201.163:8083/info.php , kemudian akan muncul tampilan seperti gambar berikut :
Verifikasi data PTK
Keterangan
  • Masukkan NUPTK sebagai username serta tanggal lahir sebagai password dgn format YYYYMMDD. Sebagai contoh jika tgl lahir anda 2 Agustus 1986 passwordnya: 19860802
  • Jika muncul informasi NUPTK tidak ditemukan, ada beberapa kemungkinan. 1) Kolom NUPTK belum diisi pada data Dapodik anda; 2) Kolom NUPTK anda diisi namun salah ketik. 3) Data Dapodik utk NUPTK ybs belum ter-import ke basis data.
  • Jika ada masalah tertentu, sertakan NUPTK dan masalahnya melalui email ke cekdataguru.dikdas@gmail.com utk kami telusuri penyebabnya. HARAP DIPAHAMI BAHWA MEKANISME UPDATE DATA HANYA BISA DILAKUKAN MELALUI APLIKASI DAPODIK. KAMI TIDAK AKAN MENJAWAB REQUEST UPDATE DATA.
Demikian, Semoga bermanfaat

Guru dan TU Harus Memiliki Email

Bapak Ibu Guru dan TU, setelah anda melakukan verifikasi data PTK, pastikan semua data anda benar dan anda harus memiliki Email karena Semua Guru dan TU harus memiliki alamat email. Alamat email tersebut akan digunakan link atau tautan untuk konfirmasi data.Berikut adalah Tabel Info Data PTK yang muncul pada saat anda melakukan verifikasi Data di  http://116.66.201.163:8083/info.php
Info Data PTK
Menurut data yang diupload ke Pendataan Pendidikan Dasar
Field
Data
Status
Keterangan
0 – Nama      
1 – Nip      
2 – Nama Kabupaten Kota      
3 – Nama Propinsi      
4 – Ijazah Terakhir Id      
5 – Nuptk      
6 – Tgl Lahir      
7 – Nama Status Kepegawaian      
8 – Nama Pangkat Golongan      
9 – Tmt Pangkat Gol      
10 – Nama Tugas Tambahan      
11 – Masa Kerja Tahun      
12 – Sedang Kuliah      
13 – Bertugas Di Wilayah Khusus      
14 – Email      
15 – Gaji Pokok      
16 – Status      
17 – Kode Bidang Studi Sertifikasi      
18 – Tahun Pensiun      
19 – Status Kepegawaian Id      
20 – Total Jam Mengajar Sesuai      
       

Rincian Jam Mengajar
Mata Pelajaran
Tahun/Smt
JJM
Sekolah
   
 
* Mohon pastikan alamat e-mail pada Data Dikdas terisi dengan benar, karena link/tautan untuk konfirmasi data akan dikirim melalui e-mail.
* PTK bersangkutan telah memenuhi syarat untuk menerima Tunjangan Profesi
* Perbaiki data guru jika diperlukan melalui Dapodik Dikdas. Data akan terupdate dalam beberapa hari.
* Jika masih ada masalah, kirim email mengenai masalah yg dimaksud beserta kode NUPTK ke cekdataguru.dikdas@gmail.com
* HARAP DIPAHAMI BAHWA MEKANISME UPDATE DATA HANYA BISA DILAKUKAN MELALUI APLIKASI DAPODIK.
* KAMI TIDAK AKAN MENJAWAB REQUEST UPDATE DATA

Jumat, 04 Januari 2013

MASALAH

Seorg wanita yg baru saja menikah, dtg pd ibunya & mengeluh soal tingkah laku suaminya. Setlh pesta pernikahan, baru ia tahu karakter asli sang suami keras kepala, suka bermalas2an, boros, dsb.

Wanita muda itu berhrp org tuanya ikut menyalahkan suaminya. Namun btapa kagetnya dia krna ternyata ibunya diam saja. bahkan sang ibu kmudian malah masuk ke dapur, smntara putrinya trus bercerita & mgikutinya. Sang ibu lalu memasak air. Setlh skian lama, air mendidih.

Sang ibu menuangkan air panas mendidih itu ke dlm 3 gelas yg tlh disiapkan. Di gelas pertama ia masukkan telur, di gelas kedua ia masukkan wortel & di gelas ketiga ia masukkan kopi.

Setlh menunggu bbrapa saat, ia mgangkat isi ke-3 gelas td, & hslnya: Wortel yg keras menjd lunak, telur yg mdh pecah menjd keras, & kopi mghasilkan aroma yg harum.

Lalu sang ibu menjlskan: "Nak... masalah dlm hdp itu bagaikan air mendidih". Namun, bgmana sikap kitalah yg akan mnentukan dampak-nya".

Kita bs menjd:
1. Lembek sprti wortel.
2. Mengeras sprti telur.
3. Atau harum sprti kopi.

Jd, wortel & telur bukan mpengaruhi air... Mreka malah brubah oleh air. Smntara kopi malah mgubah air & mbuatnya menjd harum.

Dalam tiap mslah, slalu trsimpan mutiara yg brharga.
Sangat mdh utk brsyukur saat keadaan baik2 sj, tp apakah kita dpt ttp brsyukur saat kita ditimpa mslah?

Hari ini kita blajar ada 3 reaksi org saat masalah dtg.
* Ada yang menjadi lembek, suka mengeluh, & mengasihani diri sendiri.
* Ada yang mengeras, marah & mnyalahkan pihak lain.
* Ada jg yang justru smakin harum, menjd smakin kuat & bijaksana.

jadilah dirimu sendiri

Jadilah dirimu sendiri, seseorang yg sesuai dengan kata hati, bukan seseorang yg ingin dilihat oleh dia yg kamu cintai.

BIJAK DAN CERDAS



Orang bijak dan cerdas adalah jika dia bersalah, maka ia cepat meminta maaf dan mengaku kesalahannya, serta bertekad memperbaiki kesalahannya sekuat tenaga, sehingga menjadi lebih baik dimasa datang

Sedangkan seorang pengecut ia berlindung dibalik kesalahannya, mencari 1001 alasan dan kambing hitam sehingga ia terhindar dari kesalahannya, semoga kita terhindar dari sifat sedemikian.

Aamiin

ORANG YANG BERTAKWA



“Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan” (QS. An Nahl: 128)

Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk diri kalian sendiri niscaya kalian akan memperoleh balasannya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. (QS. Al-Muzzammil: 20)

Jangan mengatakan "saya sudah terlambat untuk tobat" karena setiap yang berjalan pada tujuan, akan sampai pada tujuan

Siapa yang ikhlas dalam berbuat kebaikan, maka akan bertambah rendah hati dan bertambah kecerian-nya.
http://www.dreambingo.co.uk/