• pasang iklan

Blogroll

Selamat Datang

Nilai Rapor Siswa Masuk PDSS untuk SNPTN 2013

Rabu, 19 Desember 2012
snptn.jpg
Aturan baru diterapkan dalam seleksi nasional masuk perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 yang akan digelar Maret 2013 nanti.

Salah satu aturan itu menambahkan, nilai rapor siswa nantinya akan dimasukkan oleh kepala sekolah ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

"Semua siswa kelas III SMA/SMK/MAN sederajat berhak untuk ikut syaratnya harus mempunyai PDSS itu," kata Pembantu Rektor I Hadin Muhjad saat penyampaian sosialisasi SNMPTN 2013 di lantai II Rektorat Unlam, Sabtu (15/12).

Untuk memasukan data bisa dilakukan mulai 17 Desember. Setelah data siswanya terisi lengkap di PDSS, siswa dapat melakukan login ke website resmi SNMPTN untuk melakukan pendaftaran sebagai peserta SNMPTN 2013.

Aturan baru juga diberlakukan yakni peserta SNMPTN nantinya tidak akan dipungut biaya karena seleksi atau kegiatan apapun harus dibiayai oleh pemerintah.

Dalam SNMPTN ini juga mempertimbangkan atau mengelompokkan kuota peserta SNMPTN berdasarkan akreditasi sekolahnya.

"Sehingga, sekolah manapun dan dengan akreditasi apapun dapat mengikuti jalur SNMPTN ini," jelas dia.

Sementara untuk rangkaian SNMPTN baru akan dilaksanakan setelah pengumuman hasil UN SMA.

Untuk menyosialisasikan peraturan baru ini, akan digelar sosialisasi massal oleh PTN ke sekolah-sekolah.

Unlam yang ditunjuk menjadi penyelenggara sosialisasi mebagi beberapa wilayah.

"Untuk hari ini kota Banjarmasin dan Banjarbaru," sebut dia.

Berikutnya pada 22 Desember akan dilaksanakan di SMA Alalak untuk wilayah Batola, 26 desember SMAN Simpang Empat wilayah Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Sosialisasi berlanjut ke Gedung Kesenian HSS pada 29 Desember untuk wilayah Kandangan, Rantau dan Barabai. Terakhir SMAN 1 Paringin untuk wilayah Balangan, Amuntai dan Tanjung.

Hadin menjelaskan arah pertemuan hari ini adalah untuk mensosialisasikan kepada para peserta tentang perkembangan pelaksanaan SNMPTN Jalur Undangan.

"Arah kita hari ini kepada jalur undangan, mereka akan dijelaskan langsung mengenai perkembangan pelaksanaannya. Tapi kita tidak menutup jika ada peserta yang ingin berdiskusi soal jalur tertulis," sebut dia.

Hadir dalam sosialisasi Pembantu rektor III, Idiannor Mahyuddin, PD IV Sutarto Hadi, Kepala Biro BAAK Unlam, Fitriani dan peserta seluruh sekolah SMA/SMK, MAN.

0 komentar: