Selasa, 27 November 2012

SEMUA GURU TAK LULUS UKG

Semua Guru di Morotai Tak Lulus UKG

 

MOROTAI, KOMPAS.com - Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara ternyata belum berhasil. Semua peserta UKG yang berjumlah 58 orang, tak satupun lulus dalam ujian yang dilakukan secara online itu.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pulau Morotai, Sudirman mengungkapkan, semua guru peserta UKG di Morotai tidak ada yang memenuhi syarat kelulusan. "Tak ada yang lulus karena tidak ada yang mencapai nilai 70," ungkap Sudirman, Selasa (13/11/2012).

Sudirman menjelaskan, syarat kelulusan seorang guru dalam UKG harus mencapai nilai aman yang telah ditetapkan secara nasional, yakni 70. Para peserta UKG di Morotai bahkan memiliki nilai yang sangat memprihatinkan. "Bagaimana mau lulus? Yang mencapai nilai 50 itu hanya satu orang saja dari 50 orang lebih. Sisanya antara 30 sampai 50," ungkap Sudirman lagi.

Nilai para peserta guru yang ikut UKG itu ternyata disampaikan juga secara online. Bahkan, menurut Sudirman, penilaian terhadap guru yang mengikuti UKG dilakukan setelah pelaksanaan UKG berlangsung. Karena itu, Dinas Pendidikan setempat langsung mengetahui hasil UKG di tiap daerah.

Sementara itu, disinggung soal rencana pemerintah menggelar UKG tahap III, Sudirman mengaku hingga saat ini pihaknya belum menerima edaran dari pemerintah. Yang jelas menurut dia, para guru yang ikut UKG namun tidak lulus itu semestinya mengulang lagi agar lulus UKG. "Kalau sudah lulus UKG berarti seorang guru diakui kompetensinya. Jadi kalau belum lulus ya harus mengulang lagi. Tapi soal kapan atau bagaimana caranya mengulang itu tergantung pusat, kita hanya menunggu saja seperti apa nantinya," jelas Sudirman.

Sumber :KOMPAS.com
Poskan Komentar

Blogroll